Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Senin, 13 Januari 2014

TEMA PIDATO             : Pendidikan
TOPIK PIDATO            : Pendidikan Moral
JUDUL PIDATO            : Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Bangsa Indonesia

Ass.Wr.Wb
Yang terhormat Ibu Yati Suryati selaku guru Bahasa Indonesia dan teman-temanku yang saya banggakan.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur Kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini dengan keadaan sehat. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sebuah pidato yang berjudul "
Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Bangsa Indonesia".

Pastilah kita semua tahu bahwa pendidikan adalah bagian terpenting dalam kehidupan kita. Namun, membekali generasi masa depan dengan pendidikan sekolah yang tinggi saja tidaklah memadai guna memajukan kehidupan bangsa. Mereka perlu mendapatkan pendidikan moral yang akan membentuk generasi penerus bangsa ini menjadi pribadi yang berakhlak mulia, jujur dan bertanggung jawab tinggi. Pendidikan moral merupakan salah satu modal bagi kita untuk memperbaiki kondisi bangsa ini. Kesadaran dan rasa tanggung jawab yang tinggi akan menjadi tiang dan pondasi keutuhan bangsa ini.

Kita tentu menyadari bahwa keterpurukan suatu bangsa dapat disebabkan oleh rusaknya moral segelintir warganya. Bisa jadi rusaknya moral disebabkan oleh warga itu sendiri yang tidak dapat mengontrol dirinya sendiri dengan keimanan dan ketakwaan kepada Sang Pencipta.

Seperti belum lama ini merebak pemberitaan mengenai video asusila anak SMP 4 Jakarta
. Kenapa sampai ada video seperti ini? Kalau bukan karena hilangnya moral bangsa. Tingkah laku menyimpang yang di tunjukan oleh sebagian generasi muda, walaupun jumlahnya mungkin hanya segelintir dari jumlah pelajar secara keseluruhan. Sungguh amat disayangkan mereka telah mencoreng kredibilitas dunia pendidikan bangsanya sendiri. Para pelajar yang seharusnya menunjukan sikap moral yang baik sebagai hasil didikan itu, justru malah menunjukan tingkah laku yang buruk. Lantas dimanakah letak fungsi dan peranan pendidikan sekolah dalam meningkatkan moral anak bangsa?. Itu menjadi tanda tanya besar dari sebagian orang tua kalangan remaja tersebut. Tetapi kita tidak boleh menyalahkan pihak manapun. Sebagai generasi muda marilah kita bersama-sama pikirkan jalan yang terbaik untuk membangkitkan lagi nilai moral bangsa kita. 
Sedangkan fakta tentang runtuhnya etika kejujuran yang dikhawatirkan akan terus berlanjut, sudah menjadi berita yang tak asing lagi didengar, seperti : korupsi, penyuapan, hilangnya supremasi hukum, dsb.

Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bagi kita, terutama para orang tua dan pendidik, untuk memperhatikan pendidikan generasi masa depan bangsa. Tidak hanya pendidikan umum saja, tetapi yang lebih penting pendidikan moral dan pembinaan keimanan dan ketakwaan kepada Sang Pencipta agar generasi penerus bangsa berkepribadian luhur. Jadi tetaplah kembangkan moralmu! Perbanyak ilmumu! Kobarkan semangat! Semangat patriotis! Semangat nasionalis! Semangat generasi muda! Semangat yang bermoral! Semangat generasi pembawa perubahan! Dengan demikian, kemajuan dan kesejahteraan bangsa diharapkan dapat segera terwujud.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf bila ada salah kata. Wassalamualaikum Wr.Wb


Daftar Pustaka :

0 komentar:

Posting Komentar